8 Attachment Yang Membuat Excavator Semakin Berguna

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh excavator Anda selain menggali. Berikut adalah daftar 8 attachment dengan berbagai macam fungsi:

Sumber gambar: Equipment World

Compact Excavator generasi selanjutnya dari Caterpillar akan dilengkapi dengan attachment Tiltrotators yang memungkinkan bucket atau grapple untuk berputar 360° dan tilting 40° di tiap sisi. Caterpillar menyediakan dua varian Tiltrotator: TRS6 (dengan berat 245 kg; untuk excavator kelas 6 ton) & TRS8 (dengan berat 310 kg; untuk excavator kelas 7-9 ton). Konfigurasinya dapat menggunakan hydraulic coupler atau pin on (pin grabber).

Sumber gambar: Fecon

Fecon menyatakan bahwa mesin bor penggiling tunggul (auger stump grinder) produksinya dapat melumatkan tunggul dari berbagai spesies pohon yang berdiameter 25 hingga 71 cm dalam satu fase saja. Attachment ini didesain untuk excavator ukuran 12-20 ton. Maksimal cutting depth (kedalaman bor) dari mesin tersebut adalah 50 cm. Kecepatan gilingnya yang pelan namun memiliki torsi tinggi memungkinkan Stumpex untuk menghancurkan tunggul dalam waktu cepat sekaligus aman (karena minimnya serpihan tunggul yang terlempar).

Sumber gambar: Epiroc

Epiroc menyediakan berbagai jenis jaw (rahang) combi cutter yang fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan struktur beton serta dapat diandalkan untuk mencabik-cabik struktur besi di situs pembongkaran. Crushing teeth dan cutting blade nya juga dapat diganti jika dirasa sudah mulai tumpul. Hydraulic cylinder dari combi cutter terlindungi secara menyeluruh dengan adanya piston rod guards yang membuatnya tahan benturan. Daya hancur yang ampuh, siklus waktu buka tutup jaw yang relatif pendek, dan fitur integrated rotation device 360° adalah hal-hal yang diunggulkan Epiroc dari combi cutter ini. Epiroc menyediakan 4 varian CC yang berbeda diantaranya: CC1600U (excavator 13-23 ton), CC2300U (excavator 20-30 ton), CC3100U (excavator 28-40 ton) & CC3700U (excavator 30-50 ton).

Sumber gambar: Land Pride

Auger (bor) ini dapat membuat lubang lebih dalam dari attachment serupa yang didesain untuk skid steer atau compact tract loader, terutama di area-area yang susah dijangkau. Auger ini juga dilengkapi dengan level indicator yang memberi tahu operator apakah auger sudah pada posisi yang benar-benar vertikal agar dapat menghasilkan lubang tegak lurus. Terdapat optional cradle yang dapat mencegah auger untuk berayun secara berlebihan di saat berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Auger EA35 membutuhkan hydraulic flow sebesar 15-30 galon per menit, sementara Auger EA20 memerlukan 6-30 galon per menit.

Sumber gambar: Omef

Attachment tree shear ini memungkinkan operator untuk memotong batang pohon sekaligus menggenggamnya untuk dipindahkan ke tempat lain secara cepat dan efektif. Omef Tree Shear dapat memotong batang pohon dengan diameter 20-70 cm. Omef mengeluarkan 5 varian untuk produk ini diantaranya: B1200 (20 cm diameter pohon & untuk excavator ukuran 2,5 ton – 8 ton), B1300 (30 cm diameter pohon & untuk excavator ukuran 7 ton – 18 ton), B1400 (40 cm diameter pohon & untuk excavator ukuran 14 ton – 24 ton), B1500 (60 cm diameter pohon & untuk excavator ukuran 23 ton – 40 ton), B1600 (70 cm diameter pohon & untuk excavator ukuran 30 ton – 50 ton). Tree shear ini memberikanmu kesempatan untuk menekan biaya serta meninkatkan safety operasional bagi operator maupun lingkungan sekitar.

Sumber gambar: Okada

Bagian utama dari hydraulic hammer yang berbentuk kotak terbuat dari campuran logam spesial dan diproses dengan heat treatment terkini sehingga hammer body dapat bertahan lebih lama. Okada menyatakan bahwa hydraulic hammer nya menggunakan lebih sedikit bagian jika dibandingkan hydraulic breaker kompetitor; ini memperkecil kemungkinan terjadinya masalah terhadap hammer. Gas nitrogen di bagian atas piston memberikan efek cushioning (bantalan) ketika hammer melakukan tarikan ke atas yang meminimalkan getaran; akibatnya operator dapat bertahan lebih lama dalam mengoperasikan alat serta mengurangi keausan terhadap mesin. Hammer ini memerlukan 350-420 liter aliran oli per menit, mengeluarkan energi sebesar 23.050 joule, dan melakukan 200-280 blow per menitnya. TOP1000J didesain untuk excavator berbobot 82 hingga 110 ton.

Sumber gambar: Montabert

Hydraulic breaker dari Montabert yang masuk dalam kategori medium range didesain khusus untuk backhoe loader ukuran besar dan excavator berukuran sedang. Montabert menyatakan bahwa rasio power-to-weight yang optimal memberikannya kemampuan untuk menggali, menghancurkan batu besar, dan merobohkan beton secara efektif. Sistem pelumasan otomatisnya dapat meningkatkan masa pakai dari komponen yang cepat aus. Montabert juga menjanjikan tingkat kebisingan yang rendah untuk hydraulic breaker produksinya saat dioperasikan. Terdapat dua varian yang diproduksi diantaranya: M900 (untuk excavator ukuran 15-25 ton; memerlukan 100-150 liter aliran oli per menit) & 501 NG (untuk excavator ukuran 8-18 ton; memerlukan 80-140 kiter aliran oli per menit).

Sumber gambar: Volvo CE

Volvo CE baru saja membuat varian baru dari produk pipelayer nya yang memungkinkan excavator berbobot 14 tonnya (EC140EL & ECR145E) berubah fungsi menjadi rotating pipelayers. Ini memungkinkan pekerjaan peletakan pipa di area yang memiliki ruang gerak sempit semakin mudah. Pipelying boom tersebut dapat dipasangkan ke boom bagian utama dalam waktu satu jam. Pipelayer ini dapat menangani pipa seberat 7.300 pounds (atau sekitar 3.311 kg) dengan diameter maksimal 50 cm. Ketika digunakan dengan berpasangan dengan excavator Volvo yang memiliki rotating superstructure, pipelayer ini memberikan operator kemampuan manuver dan kendali yang lebih ketika menempatkan pipa tanpa harus melakukan reposisi tracks. Sementara varian pendahulunya dikhususkan untuk excavator yang berukuran lebih besar: PL4809E (excavator ukuran 58.600 kg) & PL3005E (excavator ukuran 35.030 kg).

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment