Tips Agar Undercarriage Bertahan Lebih Lama

Salah satu bagian yang bekerja keras dan sering terlupakan dari excavator atau compact track loader adalah undercarriagenya.  Ternyata pada umumnya undercarriage memakan hingga 50% dari biaya pemeliharaan mesin. Dengan menjaga mesin tetap terawat dan mengikuti beberapa tips sederhana berikut dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mengoptimalkan penggunaan undercarriage dan memotong biaya operasional perusahaan.

 

Periksa Ketegangan Track

Ketegangan track yang berlebihan pada undercarriage dari unit Anda dapat menyebabkan peningkatan keausan.  Disarankan agar operator alat berat menjalankan alat selama setengah jam untuk memungkinkan trek beradaptasi dengan area kerja sebelum operator memeriksa dan mengatur ketegangan track. Ketegangan track yang terlalu ketat akan menyebabkan stres pada undercarriage. Sementara ketegangan yang terlalu longgar dapat menghambat laju unit pada kecepatan yang lebih tinggi. Tak hanya itu, track yang terlalu longgar dapat mempercepat keausan sprocket dan mengahabiskan tenaga excavator secara berlebihan. Jadikan sebuah aturan tetap untuk menyesuaikan atau memeriksa ketegangan track sebelum dan setelah alat berat digunakan, apalagi pada kondisi di saat curah hujan tinggi.

 

Hal yang Perlu Dipraktikkan oleh Operator

Mayoritas operator alat berat masih sulit untuk melacak terjadinya selip pada track hingga selip mendekati 10% dari kondisi normal.  Padahal selip dapat menyebabkan penurunan produktivitas alat dan meningkatkan tingkat keausan.

 

  • Ubah arah gerak dari excavator Anda! Seringkali operator jatuh ke dalam ritme di mana secara konstan ia bergerak ke arah yang sama ketika bekerja. Sangat disarankan agar operator dapat mengubah arah untuk mengurangi travel pada bagian luar track. Jika secara konsisten operator berbelok atau memutar pada arah yang sama, maka keausan yang dihasilkan tidak seimbang karena lebih banyak travel yang dilakukan pada bagian luar track. Jika Anda secara teratur mengubah arah belok pada saat yang memungkinkan, Anda dapat membantu menjaga tingkat keausan track tetap seimbang di tiap bagian.

 

  • Kadang, bergerak secara perlahan dan stabil dapat memperlama usia undercarriage! Meminimalkan pengoperasian Alat pada kecepatan tinggi untuk kegiatan yang tidak produktif dapat mengurangi keausan pada komponen undercarriage Anda. Jika memungkinkan, cobalah berbelok dengan radius yang lebih luas. Berbelok secara tajam dapat mempercepat keausan dan meningkatkan kemungkinan lepasnya track dari undercarriage.

 

  • Setiap operator harus memulai hari mereka dengan menginspeksi unit secara visual. Inspeksi ini harus meliputi pemeriksaan pada komponen dan bagian-bagian yang kendur, segel-segel bocor, sendi-sendi kering, dan pola keausan yang tidak normal.

 

Bersihkan Serpihan Material yang Menempel

Pada akhir hari kerja luangkan waktu untuk memeriksa dan membersihkan kotoran dan serpihan-serpihan yang dapat menyebabkan penumpukan pada undercarriage. Membersihkan serpihan yang menempel pada undercarriage memungkinkan rol untuk dapat bergerak bebas saat Anda kembali bekerja.  Sangat penting untuk membersihkan serpihan-serpihan material dalam kondisi basah yang mungkin dapat mengeras dan menjadi gumpalan.

Sumber: bestline.com

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment