Pilih Mana? Excavator dengan Roda atau Track?

Excavator adalah alat yang tepat untuk pekerjaan penggalian, entah itu untuk proyek konstruksi ataupun penambangan. Excavator datang dengan berbagai macam ukuran dan konfigurasi yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda. Namun, setelah mempertimbangkan berbagai macam aspek dan pilihan yang ada, jangan sampai Anda mengacuhkan satu hal ini: Jenis penggerak excavator manakah yang mampu memberikan keuntungan lebih untuk perusahaan? Apakah itu track atau roda? Berikut adalah informasi sekilas tentang keunggulan yang dimiliki oleh masig-masing penggerak dalam situasi yang berbeda.

Keunggulan Track:

  • Kedalaman penggalian: Excavator dengan track dapat menggali permukaan tanah lebih dalam jika dibandingkan dengan excavator sejenis yang menggunakan roda mengingat kedudukannya yang lebih dekat ke tanah.

  • Traksi: Kombinasi dari track dan desain undercarriage, bobotnya yang lebih berat dan tapak kaki (footprint) yang lebih lebar memberikan tracked excavator traksi yang lebih baik di medan yang melandai, bertanah gembur dan tak rata. Tracked excavator juga mampu bermanuver dengan lebih mudah pada kondisi tanah yang lembek dan basah.

Keunggulan Roda:

  • Kecepatan: Tak perlu ditanyakan lagi, alat berat dengan roda mampu untuk bergerak lebih cepat serta lebih bersahabat untuk melalui jalan beraspal dibandingkan dengan tracked excavator . Kecepatan maksimal yang mampu diraih wheeled excavator mencapai 35 km/jam. Sementara kecepatan maksimal tracked excavator hanya berkisar antara 5-6 km/jam. Jika sebuah excavator harus melakukan banyak tugas di beberapa titik terpencar di sebuah site yang luas, maka wheeled excavator dapat memberikan produktivitas yang lebih tinggi.

  • Perawatan: Umumnya, wheeled excavator lebih mudah untuk dirawat dan memiliki isu perbaikan yang lebih sederhana karena strukturnya yang tak serumit undercarriage dan track.

Aspek Lain Yang Perlu Diperhatikan:

  • Stabilitas: Tracked excavators memiliki tapak kaki (footprint) yang lebih lebar dan berkedudukan lebih rendah ke tanah jika dibandingkan dengan wheeled excavator. Pusat gravitasi (center of gravity) yang lebih rendah dan beban lebih yang dimiliki oleh undercarriage mampu memberikan stabilitas ekstra serta kapasitas muatan yang lebih tinggi pada excavator. Namun, wheeled excavator juga bisa memiliki kemampuan yang sama dalam hal ini jika ditambahkan stabilizer pada unit.

  • Kemampuan Manuver: Wheeled excavator sering digunakan pada lingkungan perkotaan dan perumahan berkat footprint nya yang lebih kecil yang membuatnya lebih lincah untuk bergerak di titik-titik sempit atau worksite yang dipadati oleh pekerja. Namun tracked excavator juga mampu melakukan hal yang sama di ruang gerak terbatas mengingat tersedianya berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Untuk mempermudah pemilihan dari dua jenis penggerak ini, tetapkan beberapa prioritas: Apakah kecepatan gerak excavator lebih penting dibandingkan dengan kedalaman penggalian? Apakah traksi lebih penting jika dibandingkan dengan biaya perawatannya? Semoga postingan ini dapat membantu Anda!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment